Translate Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Selasa, 26 Oktober 2010

Contoh e-commerce

Perdagangan elektronik (Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif.
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan


Salah satu contoh perusahaan yang sudah memakai e-commerce
Chioda Sports Market merupakan pelopor toko olah raga yang bergaya semi swalayan, dengan memberikan layanan yang professional sesuai tuntutan jaman. Chioda Sports Market terletak di pusat kota Bandung, dengan fasilitas tempat parkir yang mudah serta memiliki koleksi barang-barang yang unik dan jarang ditemukan ditempat lain, baik lokal maupun import. Dengan variasi harga mulai dari yang rendah sampai yang tinggi, membuat customer kami lebih mudah dalam menentukan pilihannya.
Chioda Sports Market merupakan One Stop Shopping bagi Anda yang mencintai olahraga khususnya Sepak Bola.

How To Buy
1. Pemesanan produk
Sayang untuk saat ini, Chioda Sports Market tidak melayani pemesanan produk secara online. Pemesanan hanya dapat dilakukan via telepon atau email ke sales@chiodasports.com yang dilakukan dengan meng-klik kolom CONTACT US.
Nomor telepon yang dapat dihubungi (Tidak Menerima SMS):
- INDOSAT : 081 661 1201 ( Chris )
- XL : 0818 021 75560 ( Sandra )
- FLEXI : 022 - 70623131 ( Chris )
Disarankan untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk yang akan dipesan, maka lebih baik menghubungi kami via telepon.

2. Cara Pemesanan
Pemesanan dilakukan dengan cara :
- Menyebutkan nama dan kode barang
- Menyebutkan ukuran ( jika ada )
- Menyebutkan nama, telepon dan alamat lengkap pemesan beserta kode pos.

3. Invoice
Invoice hanya berupa konfirmasi jumlah produk yang dibeli,berikut harga serta ongkos kirim. Pemberian invoice akan dilakukan via SMS/email (jika Anda melakukan pemesanan lewat e-mail).

4. Pembayaran
Pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer melalui bank sbb:
BCA SOEKARNO HATTA BANDUNG
A/C 346 126 7945
A/N CHRISTIANUS JULIANTO

BANK MANDIRI BRAGA BANDUNG
A/C 132 000 695 6511
A/N CHRISTIANUS JULIANTO

BANK NIAGA LEMBONG BANDUNG
A/C 026 018 484 4120
A/N CHRISTIANUS JULIANTO

5. Batas Waktu Pembayaran
Jika tidak melakukan pembayaran dalam jangka waktu 3 x 24 jam setelah invoice diterima,maka pemesanan kami anggap batal.Pembatalan pemesanan akan kami beritahukan via email/SMS.

6. Konfirmasi Pembayaran
Konfirmasi pembayaran dapat Anda lakukan dengan cara :
- Mem-Fax bukti transfer ke nomor (022) 4236527
- SMS ( Bila mentransfer melalui mobile Banking ataupun lewat ATM,dengan menyebutkan nama pengirim ke No. 081 661 1201 Chris ).

7. Pengiriman Paket
Pengiriman paket akan kami lakukan segera setelah kami menerima konfirmasi pembayaran. Pengiriman paket akan diterima maksimal 7 hari kerja untuk seluruh wilayah Indonesia.

8. Pengembalian
Produk dan uang pembayaran tidak dapat dikembalikan kecuali apabila terjadi kesalahan dari pihak kami. Kondisi barang yang rusak / cacat dalam proses pengiriman, tidak menjadi tanggung jawab kami. Pengembalian uang pembayaran akan dikenakan biaya administrasi 10% dari total invoice. Pengembalian uang pembayaran dilakukan tanpa pengembalian biaya pengiriman.
Biaya pengiriman pengembalian produk ditanggung pihak pembeli.

9. Hotline
Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Chioda Sports Market di nomor 022-4236527 atau 081 661 1201 ( Chris )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ISL